Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Surakarta Ajak Mahasiswa Ikut Serta Aktif Awasi Pemilu

Anggota Bawaslu Kota Surakarta saat Acara Goes to Campus 2024, di Kampus intitut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta, Sabtu, (13/1/2024)

Anggota Bawaslu Agus Sulistyo berharap mahasiswa ikut awasi proses tahapan pemilu. Pemantauan yang lebih agresif akan memperkecil ruang gerak peserta pemilu yang ingin melakukan kecurangan.

 

"Bawaslu membutuhkan peran dari pemantau pemilu dari kalangan mahasiswa dalam memastikan penyelenggaraan pemilu berjalan baik, tetapi juga memastikan keadilan pemilu tetap terjaga dan jangan takut untuk mengingatkan petugas di lapangan apabila tidak sesuai SOP," katanya saat acara Bawaslu Goes to Campus, di Kampus intitut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta, Sabtu, (13/1/2024)

 

Dikatakan Agus, mahasiswa merupakan salah satu elemen yang harus dilibatkan dalam pesta demokrasi. Dalam budaya pemilu yang harmoni, semua pihak harus saling menghormati, menjaga kepercayaan, dan mengedepankan kepentingan bangsa. Dia melihat Pemilu harus menjadi ajang untuk memperkuat persatuan dan kesatuan, bukan untuk memecah belah masyarakat.

imm

Di hari dan waktu yang sama Bawaslu melakukan Memorandum of Understanding (MoU) di Kampus intitut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta. Kehadiran pemantau dalam melakukan pengawasan diharapkan dapat menekan angka kecurangan.

Penulis dan Foto : Dwiki CH