Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Surakarta Awasi Sortir Lipat Surat Suara

Bawaslu Surakarta Awasi Sortir Lipat Suara

Pengawasan proses sortir dan lipat surat suara Pemilu Gudang KPU jalan Jagiran Banjarsari , Minggu (14/1/2024)

Anggota Bawaslu Kota Surakarta Fifta Angga Hidayat mengawasi jalannya proses sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024 di Gudang KPU jalan Jagiran Banjarsari dan di Gedung Joyokusuman, Minggu (14/1/2024). Proses sortir dan lipat surat suara dilakukan dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Bawaslu awasi Sortir Lipat Surat Suara


Hasil pengawasan di lokasi Gedung Joyokusuman, jumlah tenaga sortir dan lipat surat suara sebanyak 150 orang. Dalam 1 karton berisi sejumlah 2.000 lembar surat suara dan setiap orang  ditargetkan dapat melipat 1 karton atau sejumlah 2.000 lembar surat suara dalam sehari. Sedangkan untuk Gudang KPU jalan Jagiran jumlah tenaga sortir sebanyak ±120 orang. Dalam 1 karton berisi 500 lembar surat suara (DPR RI) dan setiap orang ditargetkan  minimal 500 surat suara  dengan tujuan agar selesai tepat waktu, 1 orang 1 hari 1 dus tidak boleh lebih.

Ada beberapa kategori surat suara rusak, diantaranya hasil cetak warna surat suara tidak merata,  terdapat banyak noda difoto paslon, surat suara  sobek, warna penanda surat suara tidak sesuai dengan jenis Pemilu, nama, logo partai politik tidak lengkap serta kelebihan kertas di ujung atau ditengah  lipatan, tinta luntur serta gambar tidak jelas berbayang.

Penulis : Dwiki CH

Foto     :  Hendra