Tingkatkan Layanan Kehumasan, Giliran Bawaslu Jateng Supervisi ke Solo

Bagikan:

  Bawaslu-Solo-News(BSN)  

Bawaslu Jateng getol melakukan supervisi ke bebarapa Kabupaten/Kota yang berdasarkan hasil penilaian mengalami penurunan kinerja diluar tahapan pemilu seperti sekarang ini. Fakta ini terungkap dalam diskusi dan pengarahan yang dilakukan oleh Tim supervisi kehumasan Bawaslu Jateng di Bawaslu Solo akhir-akhir ini.

Menurut Tim Kehumasan Bawaslu Jateng, pengelolaan kehumasan yang menjadi Tupoksi Kordiv Hukum Humas Datin harus dapat melakukan pengelolaan manajemen kehumasan dibawah kendalinya secara optimal. “Manajemen file system termasuk siapa admin, pengguna akun termasuk paswordnya harus terkontrol dengan baik oleh Kordiv selaku penanggungjawabnya. Karena Bawaslu akan merapikan akun-akun Bawaslu Kabupaten/Kota untuk dilakukan verifikasi”, ungkap Bayu Bijang dalam supervisinya.

Baca Juga:  1.241 TPS di Solo Masuk Kategori Rawan

Dalam arahannya Tim Kehumasan Bawaslu Jateng mengingatkan pentingnya pemanfaatan seluruh Media Sosial (medsos) tanpa terkecuali. Disarankan agar setiap berita di medsos ditautkan secara horizontal dan vertikal ke lembaga sendiri yaitu Bawaslu serta antar stakeholder yang bekerjasama. Tingkat kecepatan Informasi dan kedalamanya harus diperhatikan serta bisa melihat Karateristik masing-masing Medsos.

Harapannya dengan dilaksanakannya supervisi pengelolaan kehumasan ini, setiap masukan dan saran yang diberikan dapat ditindaklanjuti dalam mengelola kehumasan di Bawaslu Solo, baik melalui Medsos maupun Website agar ada peningkatan yang lebih baik lagi. Karena kehumasan merupakan “institutional face” dan kehumasan merupakan bagian dari upaya mencitrakan Bawaslu sebagai sebuah lembaga, demikian juga dengan pengelolaan PPID.

Baca Juga:  Bawaslu Solo Lakukan Seleksi Peserta SKPP 2021

Meskipun manajemen kehumasan dinilai belum optimal, namun Bawaslu Jateng juga mengapresiasi Bawaslu Solo sudah banyak mengalami kemajuan dalam pengelolaan PPIDnya. Agus Sulistyo, Kordiv Hukum Humas Datin Bawaslu Kota Surakarta mengatakan, hingga kini Daftar Informasi Publik (DIP) di Bawaslu Surakarta sebanyak 264 informasi. Berdasarkan sifatnya dapat diklasifikasikan menjadi informasi berkala kelembagaan sejumlah 60, informasi berkala kepemiluan 13, informasi serta merta 69, informasi tersedia setiap saat dan regulasi sejumlah 122. Bawaslu akan mengupdate informasi publik secara berkala bahwa “sebagai lembaga publik yang informatif, berkomitmen dapat memberikan kontribusi positif keterbukaan informasi dan selalu menghadirkan pelayanan informasi publik yang komprehensif”. Pungkas Agus mengakhiri wawancara.(List)

Baca Juga:  Bawaslu Kota Surakarta lantik 1231 Pengawas TPS (Foto)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *