Pemkot Solo Optimis Penuhi 70M anggaran Pilkada 2024

Bagikan:

   Bawaslu-Solo-News (BSN)   

Pemerintah Kota Surakarta (Pemkot) akhirnya mengundang Bawaslu beserta stakeholder Pemilihan lainnya guna pembahsan anggaran Pilkada 2024 yang akan berlangsung 3 tahun mendatang. Langkah progresif Pemkot ini diambil untuk memetakan berapa jumlah anggaran yang dibutuhan untuk pelaksanaan Pemilihan dimana kontestasi Pemilu dan Pemilihan 2024 saat ini telah menyita perhatian publik.

Surat undangan Sekretariat Daerah Pemkot Surakarta nomor 005/2059 tentang Rakor Pemenuhan Kebutuhan Pendanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surakarta tahun 2024 dilaksanakan pada hari ini Jum’at, 24/9/21 bertempat di Ruang Manganti Praja Kompleks Balaikota Surakarta. Rakor tersebut mengundang stakeholder pemilihan, KPU, Bawaslu, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Kepolisian Kesbangpol, dan lainnya. Hadir pada rakor ini Aditya S selaku Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Indardi (Kakan Kesbangpol), Kabag Tata Pemerintahan Hendro Pramono dan inspektorat.  Pada acara rakor ini dipimpin langsung oleh Lilik Joko Saptyanto, selaku Kepala Inspektorat Kota Surakarta.

Baca Juga:  BAWASLU AWASI VERIFIKASI ADMINISTRASI SYARAT DUKUNGAN PERBAIKAN BAKAL PASANGAN CALON PERSEORANGAN

Ketua Bawaslu Solo Budi Wahyono selaku terundang sekaligus yang membidangi Keuangan dan SDM menyampaikan bahwa, “Bawaslu Solo menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Solo yang telah mengambil inisiasi cepat sebagai langkah progresif. Kami dapat merasakan bagaimana suasana kebatinan Pemkot untuk mengelola anggaran ditengah pandemi” terang Budi Wahyono. Ada beberapa opsi yang dapat diambil guna dapat memenuhi anggaran Pilkada 2024. Skenario optimis, apabila dapat dipenuhi dengan menggunakan dana murni APBD tahun berjalannya tahapan atau dengan kata lain dipenuhi dengan secara multi years.

Opsi lain yang dapat ditempuh adalah pembentukan dana cadangan dari APBD merupakan alternatif solusi untuk memenuhi anggaran Pilkada jika dipandang perlu apabila ketersediaan anggarannya terbatas. Ikhwal dana cadangan yurisprudensi yaitu Perda Provinsi Jawa Tengah No. 7 Tahun 2021 tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2024. Apalagi pelaksanaan Pilgub dan Pilkada dilaksanakan secara serentak” kata Budi saat wawancara seusai acara tersebut.

Baca Juga:  Surat Himbauan Permohonan Data pada Pilkada 2020

Relasionship sinergi Bawaslu, KPU, Kepolisian, dengan Pemkot selama ini terjalin cukup harmonis. Sebagai supporting system, Pemkot pada pelaksanaan Pilkada 2020 telah menjalanjan fungsi kewenangan sebagaimana digariskan oleh Undang-Undang. Apalagi di tahun 2024 memasuki era konsolidasi demiokrasi, secara khusus menyangkut substansi “keserentakan guna menjalankan amanah undang-undang” perlu bersinergi agar terlaksana dengan sukses, berkualitas dan berintegritas.

Sementara itu, menurut Aditya S salah satu Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) pemenuhan dana Pilkada dapat dipenuhi dan tidak memberatkan sepanjang tidak dianggarkan dalam satu tahun anggaran, “ojo diturunkan sak brek-an” (red diturunkan sekali pencairan) kata Adit dalam pemaparannya. Jika dengan mekanisme Pembentukan dana cadangan menurut Aditya, hal ini malah justru akan terlalu panjang mekanismenya, karena banyak tahapan yang harus dilalui. Misalnya membentuk Raperda sebagai payung hukumnya”. Terang Aditya ketika menanggapi adanya opsi dana cadangan.

Baca Juga:  Profil lengkap pimpinan Bawaslu Kota Surakarta

Berdasarkan kebutuhan perencanaan anggaran Pilkada 2024 yang telah disusun, KPU mengajukan sebesar 44 milyar, Bawaslu 16 milyar dan Kepolisisn prediksinya 10 milyar. Artinya kebutuhan Pilkada 2024 adalah sejumlah 70an milyar. “Berapapun kita penuhi asal rasional dan nomenklaturnya jelas. Semua kembali kepada nomenklatur dan rasionalisasi program anggaran, dan Pemkot siap mengalokasikan anggaran sesuai kebutuhan untuk kelancaran pelaksanaan Pilkada 2024,” Pungkas Aditya mengakhiri presentasi pada acara tersebut. (list)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *