Bawaslu Solo Kembalikan Barang Dugaan Pelanggaran

Bagikan:

   Bawaslu-Solo-News (BSN)   

Unit Pengelola Barang Dugaan Pelanggaran (BDP) Bawaslu Kota Surakarta telah melakukan pengembalian barang dugaan pelanggaran Pemilu 2019. Acara yang digelar hari ini Rabu 4/8/21 dihadiri oleh pelapor dan saksi-saksi. Pengembalian BDP tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran (SE) Bawaslu RI nomor 26 tahun 2021 tentang Pengelolaan Barang Dugaan Pelanggaran Pemilu dan Pemilihan.

Poppy Kusuma Nataliza, Kordiv. Penanganan Pelanggaran (Kordiv PP) Bawaslu Kota Surakarta menjelaskan bahwa pengembalian BDP ini diatur dalam Perbawaslu Nomor 19 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Barang Dugaan Pelanggaran Pemilu dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Pemeriksaan atau pengawasan BDP menjadi tanggungjawab Bawaslu dengan perlakuan menyesuaikan kondisi. Pertama, pengembalian kepada pemilik apabila laporan atau temuan tidak terbukti. Kedua, BDP dilakukan pemusnahan. “Hanya saja apakah bisa kita serta merta melakukan pemusnahan. Kalau toh akan dimusnahkan, tentunya dengan mempertimbangkan regulasi yang mengatur lebih lanjut. Atau jika memungkinkan dengan syarat ketentuan tertentu menjadi Barang Milik Negara,” kata Poppy.   

Baca Juga:  Pengawasan Sortir dan Pelipatan Surat Suara di Setiap Kecamatan

Budi Wahyono selaku Ketua Bawaslu Surakarta menambahkan bahwa dalam mendefinisikan barang dugaan pelanggaran ini harus betul-betul sesuai dengan apa yang menjadi kewenangan Bawaslu, yakni barang dugaan pelanggaran adminitrasi, ada barang dugaan tindak pidana,  barang dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu atau pilkada, dan barang dugaan pelanggaran hukum lainnya. “Kategori barang dugaan pelanggaran pemilu tersebut setidaknya ada empat jenis yaitu berkas atau dokumen, elektronik, konsumtif, dan uang,” sebutnya. (list)            

Baca Juga:  Kegiatan Non Tahapan 2021

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *